Permasalahan yang berkaitan dengan kebutuhan dan ketersediaan sumberdaya alam akan selalu muncul sebagai konsekuensi logis dari adanya konsentrasi dan aktivitas manusia yang ada di suatu daerah, seperti yang terjadi di ketiga wilayah tersebut diatas. Oleh karena itu di dalam proses perencanaan wilayah, ketersediaan sumberdaya alam harus menjadi bahan pertimbangan dalam memperhitungkan jumlah dan pertumbuhan penduduk yang akan menempati wilayah tersebut. Persoalan persoalan yang muncul sebagai akibat dari proses pembangunan seperti yang terjadi di ke tiga wilayah tersebut diatas kiranya perlu diarahkan pada suatu paradigma pembangunan yang akrab lingkungan, yaitu “pembangunan yang didasarkan atas pengetahuan yang lebih baik tentang karakteristik alam dan manusia (masyarakat)”.

Dalam hal ini uraian difokuskan pada peran ilmu geologi dalam pengembangan dan perencanaan wilayah dan lingkungan serta aspek-aspek geologi yang berkaitan dengan kebutuhan dan pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan bumi bagi kehidupan manusia. Dalam buku ini sistematika pembahasan terbagi menjadi 10 bagian, yaitu:

1. Geologi dan Permasalahan Lingkungan

Akan diuraikan tentang perkembangan dan peran ilmu geologi dalam perkembangan kehidupan manusia, terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia, disamping itu permasalahan lingkungan yang terjadi sebagai akibat dari eksploitasi sumberdaya alam (sumberdaya geologi), serta interaksi manusia dengan lingkungan dan permasalahan yang timbul sebagai akibat dari interaksi antara manusia dengan lingkungannya.

2. Proses Proses Geologi dan Perubahan Bentangalam

Dibahas tentang proses-proses geologi sebagai suatu proses alamiah yang berjalan sepanjang masa dan proses-proses ini (endogen dan eksogen) akan membentuk, mempertahankan, dan merubah bentuk bentangalam. Proses-proses geologi tersebut selain merubah bentuk bentuk bentangalam juga dapat menghasilkan sumberdaya geologi dan dapat pula menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia. Selain itu proses-proses geologi dapat pula dimanfaatkan dalam pengelolaan lingkungan, seperti pengenceran, disperse, pergantian ion yang dimanfaatkan untuk mengelola limbah.

3. Mineral dan Batuan

Akan diperkenalkan tentang batuan sebagai bagian dari kulit bumi yang bersifat padat yang dikenal dengan litosfir. Pembahasan diawali dengan menguraikan tentang definisi mineral, mineral-mineral penyusun batuan, pengelompokan mineral, disamping itu juga diuraikan tentang asal dan genesa magma sebagai pembentuk batuan, siklus/daur batuan, serta klasifikasi batuan beku, batuan gunungapi, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

4. Geologi Struktur dan Tektonik Lempeng

Mengenai geologi struktur sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bentuk arsitektur batuan sebagai hasil dari proses deformasi. Tujuan mempelajari geologi struktur adalah memberi pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar deformasi batuan serta memberi pemahaman mengenai jenis-jenis dan mekanisme pembentukan struktur geologi dan tektonik yang terlibat dalam deformasi batuan dan mekanisme utama asal dari sumber gaya deformasi pada batuan. Dalam bab ini dibahas juga tentang teori Tektonik Lempeng yang menjelaskan mengenai bumi yang mobil/dinamis, serta orogenesa dan vulkanisme sebagai produk interaksi antar lempeng.

5. Penginderaan Jauh

Akan diuraikan tentang definisi penginderaan jauh serta perkembangan teknologi penginderaan jauh, prinsip dasar penginderaan jauh yang mencakup gelombang elektromagnetik, sistem penginderaan jauh, dan pemrosesan data. Disamping itu dibahas pula mengenai informasi geologi dari penginderaan jauh yang mencakup bidang vulkanologi, struktur geologi, geologi daerah pesisir dan pantai, kerawanan bencana geologi, sumberdaya air, dan kondisi lingkungan tambang.

6. Sumberdaya Geologi

Akan diuraikan tentang sumberdaya alam, terutama jenis sumberdaya alam tak terbarukan (non-renewable natural recources) yang dikenal dalam ilmu kebumian dengan sumberdaya geologi. Adapun pembahasan dibatasi hanya pada 4 (empat ) jenis sumberdaya, yaitu sumberdaya air, sumberdaya mineral, sumberdaya energi dan sumberdaya lahan. Ke empat jenis sumberdaya ini merupakan jenis sumberdaya yang sangat diperlukan oleh setiap manusia dan juga dipakai sebagai kriteria dalam penentuan penilaian suatu lahan pada proses perencanaan lahan .

7. Bahaya Geologi

Dalam bab ini diuraikan tentang bahaya bahaya geologi (geological hazards) yang mungkin timbul sebagai akibat dari proses-proses geologi. Dalam buku ini pembahasan tentang bahaya geologi dibatasi hanya pada bahaya geologi yang sering terjadi dan menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda. Adapun jenis jenis bahaya geologi tersebut adalah bahaya longsor/gerakan tanah, bahaya gunungapi, bahaya gempabumi, dan bahaya buatan. Dalam bab ini juga dibahas tentang Pengelolaan Resiko Bencana (Disaster Risk Management), Pengurangan Resiko Bencana (Disaster Risk Reduction), Rencana Tindak Untuk Pengurangan Resiko Bencana (Action Plan for Disaster Risk Reduction), serta Bencana alam yang sering melanda Indonesia.

8. Proses Perencanaan Tataguna Lahan dan Metoda Penilaian Kapabilitas Lahan

Menguraikan tentang bagaimana suatu proses perencanaan tataguna lahan dilakukan secara komprehensif dengan mengacu pada batasan lingkungan alamiah suatu lahan dan teknik serta penetapan keputusan dalam perencanaan tataguna lahan. Dalam bab ini uraian perencanaan tataguna lahan terutama difokuskan pada aspek geologi (faktor lingkungan alamiah) yang didalamnya juga melibatkan faktor-faktor non geologi. Proses perencanaan tataguna lahan adalah suatu tahapan di dalam proses penilaian dan penetapan lahan yang didasarkan atas karakteristik fisik lahan untuk suatu peruntukan tertentu. Penilaian karakteristik suatu lahan didasarkan atas kondisi alamiah yang ada pada lahan tersebut disamping faktor-faktor lainnya seperti faktor ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

9. Perencanaan Tataguna Lahan Berbasis Mitigasi Bencana Geologi

Akan diuraikan tentang prinsip-prinsip dasar dari perencanaan tataguna lahan dengan penekanan pada mitigasi bencana geologi, khususnya di kawasan yang rentan terhadap bencana geologi. Proses-proses geologi, sumberdaya geologi, serta potensi bahaya geologi adalah informasi yang diperlukan oleh para perencana dalam proses perencanaan tataguna lahan dan menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan peruntukan lahan/ rencana umum tata ruang.

10. Pengelolaan Limbah Padat.

Akan diuraian tentang pengelolaan limbah, khususnya limbah padat, walaupun terdapat juga limbah cair dan limbah gas. Pengelolaan limbah padat merupakan suatu hal yang cukup pelik dan seringkali tidak dikelola secara memadai. Limbah padat umumnya memiliki volume yang sangat besar dibandingkan dengan limbah lainnya dan umumnya berasal dari sektor perkotaan, pertanian, industri dan pertambangan. Oleh karena itu pengelolaan limbah padat harus dijadikan prioritas utama untuk mencegah potensi pencemaran lingkungan yang lebih luas.

11 Pengelolaan Pesisir dan Laut

Akan diuraikan tentang konsep pengelolaan pesisir dan laut sebagai tempat dan lokasi aktivitas manusia, sumberdaya hayati, sumberdaya mineral, dan sumberdaya energi. Konflik kepentingan terhadap penggunaan dan pemanfaatan ruang pesisir dan laut serta data dan informasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan pesisir dan pantai. Dalam bab ini dibahas juga tentang bagaimana pengelolaan daerah aliran sungai yang merupakan wilayah ruang yang penggunaannya multi ganda untuk menuju sasaran sosial, ekonomi dan lingkungan untuk kemanfaatan para pemangku kepentingan di samping mengelola daerah tangkapan air untuk penggunaan ganda seperti untuk areal pemukiman, pertanian, sumberdaya, industri, dan energi serta sebagai tempat pembuangan limbah.

2 responses »

    • maaf baru balas ini judul bukunya GEOLOGI LINGKUNGAN penerbit Graha Ilmu, kalau bikin critical review tolong dikirim ke aku, tks bu firda atas komentarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s