…. nama jalan curie di kota bandung

Standar

Fisikawan/kimiawan Perancis

Marie Curie kelahiran Polandia adalah fisikawan Perancis terkenal karena karyanya tentang radioaktivity dan pemenang dua kali Hadiah Nobel. Dimana bersaman Henri Becquerel dan suaminya, Pierre Curie, ia dianugerahi Hadiah Nobel 1903 untuk Fisika. Dia kemudian pemenang tunggal dari 1911 Hadiah Nobel untuk bidang Kimia. Sejak kecil ia luar biasa untuk memorinya yang menakjubkan, dan pada usia 16 ia memenangkan medali emas pada penyelesaian pendidikan menengahnya di sekolah menengah Rusia. Karena ayahnya, seorang guru matematika dan fisika, yang bangkrut akibat kehilangan tabungannya untuk investasi yang buruk, sehingga ia harus mengambil pekerjaan sebagai seorang guru dan pada usia 18 dia mengambil posting sebagai pengasuh, di mana dia sempat menderita affair cinta yang tidak bahagia. Dari penghasilannya ia mampu membiayai studi kedokteran adiknya Bronia di Paris, dengan pengertian bahwa Bronia pada gilirannya kemudian membantu dia untuk mendapatkan pendidikan.
Pada tahun 1891 Marie Sklodowska pergi ke Paris dan mulai mengikuti kuliah di Sorbonne. Di sana dia bertemu fisikawan yang sudah terkenal – Jean Perrin, Charles Maurain, dan Cotton Aime. Saat itu di musim semi tahun tersebut ia bertemu dengan Pierre Curie.
Pernikahan mereka (25 Juli 1895) menandai awal dari sebuah kemitraan yang segera untuk mencapai hasil signifikansi dunia, khususnya penemuan polonium (disebut oleh Marie untuk menghormati tanah asalnya) pada musim panas 1898, dan bahwa radium beberapa bulan kemudian. Setelah penemuan Henri Becquerel (1896) dari sebuah fenomena baru (yang ia kemudian disebut “radioaktivity”), Marie Curie, mencari subjek untuk tesis dengan memutuskan mencari tahu apakah kandungan/ properties lain ditemukan pada uranium .
Sementara Pierre Curie mengabdikan dirinya terutama untuk mempelajari fisik dari radiasi baru, Marie Curie berjuang untuk mendapatkan radium murni dalam keadaan metalik – dicapai dengan bantuan ahli kimia A. Debierne, salah satu murid Pierre Curie. Pada hasil penelitian ini Marie Curie menerima gelar doktor ilmu pada bulan Juni 1903 dan, dengan Pierre, dianugerahi Medali Davy dari Royal Society. Juga pada tahun 1903 mereka bersama Becquerel Penghargaan Nobel untuk Fisika untuk penemuan radium.
Singkatnya Marie Curie adalah salah satu dari sedikit orang yang memenangi dua Hadiah Nobel dalam dua bidang, adalah salah satu peneliti terpenting dalam bidang radiasi dan efeknya sebagai perintis radiologi. Catatan miliknya bersifat tentang radioaktif, dan sampai baru-baru ini seorang cucu perempuannya mendekontaminasinya.
Marie Curie dibesarkan di Polandia dalam keluarga guru. Karena krisis di Polandia, ia jatuh miskin dan harus hidup hemat. Yang lebih menyedihkan lagi, ia harus sembunyi-sembunyi untuk belajar ilmunya. Pada tahun 1891 Marie melanjutkan studinya tentang Fisika dan Matematika di Universitas Sorbonne. Baru setelah dia pergi ke Paris untuk sekolah di Universitas Sorbonne maka dia dapat lebih leluasa untuk melakukan riset sampai akhirnya dari bekalnya itu dia mampu mengisolasi radium dari laboratorium tuanya yang sederhana; dari sinilah awal kepopulerannya. Nama jalan Curie di kota Bandung mungkin diambil dari nama fisikawan/ kimiawan perempuan ini. Seperti halnya nama jalan Westhoff di kota bandung; dari seorang bernama Johann Paul von Westhoff (1656 – 1705) yang seorang komponis Barok Jerman dan pemain biola. Dia adalah salah satu eksponen paling penting dari sekolah biola Dresden, ia berada di antara pemain biola peringkat tertinggi pada zamannya, dan terdiri beberapa musik untuk biola yang mengawali awal biola solo. Dia adalah musisi dan komposer dan di istana Weimar (1699-1705), dan juga aktif sebagai guru bahasa kontemporer.

About Irfan

Sometimes I write in my wordpress blog about the community, socio-economic, and renewable energy or anything else that I deem necessary to be submitted as my opinion as part of public expression. But all can not fully describe yet what is in my heart about fairness, honesty, concern for the marginalized groups of society that his/ their innocence exploited by a group of people who are more educated and who have power to give or influence the formulation of policy on community empowerment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s